Oke kali ini saya akan memberikan sedikit artikel yang menjelaskan
tentang inheritance,flowchart, dan story board game yang saya buat dari materi
pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Oke kila langsung saja membahasnya.
Cekidot !
1. INHERITANCE
Apa yang dimaksud dengan inheritance ?
Seperti halnya dalam arti Pewarisan itu sendiri
yang dimaksud dengan Inheritance adalah dimana suatu
entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance,
sebuah class dapat mempunyai class turunan.
Berikut contoh inheritance buah :

Superclass
: Buah
Subclass
: Rasa Asam, Rasa Manis
Class
: Buah Mangga, Buah Strawberry, Buah Jeruk, Buah Semangka, Buah
Melon, Buah Apel
*Garis
dan tanda panah mewakili alur dari turunannya.
2. FLOW CHART
Flowchart atau diagram
alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau
proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan
urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau
pengambaran penyelesaian masalah. Diagram alit digunakan untuk menganalisa,
mendesain, mendokumentasikan atau memanajemen sebuah proses atau program
diberbagai bidang.
Diagram alir digunakan
untuk mendesain dan mendokumentasi proses atau program sederhana. Seperti jenis
diagram lainnya, diagram ini membantu menggambarkan apa yang sedang terjadi dan
dengan demikian membantu mengerti sebuah proses. Dan mungkin saja menentukan
kekurangan fitur, atau bagian yang kurang jelas didalam sebuah proses.
Terdapat beberapa
bentuk diagram alir, dan setiap bentuk memiliki urutan dan peranan
masing-masing. Dua bentuk persegi yang paling umum digunakan dalam diagram
alir, yaitu:
·
Langkah pemrosesan, yang sering disebut dengan tindakan,
dan dinotasikan sebagai persegi panjang
·
Keputusan, biasanya dinotasikan sebagai belah ketupat.
Berikut contoh flow chart dari game yang saya buat :
3. STORYBOARD
Game yang saya buat ini
berjudul Mahasiswa Teladan yang selalu dipengaruhi teman kuliahnya.Dia selalu
diajak untuk bolos kuliah, apabila dia menerima ajakannya maka game berakhir
begitu juga sebaliknya jika dia menolak ajakan teman kuliahnya untuk bolos dia
akan masuk ke stage selanjutnya dan akan dipengaruhi lagi sampai dia berhasil
masuk kelas.
Digambar ini dijelaskan
dia menolak ajakan untuk bolos
Nah… untuk gambar ini
dia terpengaruh dan gamepun berakhir
Cukup sekian dulu artikel saya buat, mohon maaf bila masih banyak terdapat kekurangan. Terimakasih atas kunjungannya :)
No comments:
Post a Comment