Thursday, October 4, 2018

Inheritance, Flow chart dan Storyboard

Oke kali ini saya akan memberikan sedikit artikel yang menjelaskan tentang inheritance,flowchart, dan story board game yang saya buat dari materi pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Oke kila langsung saja membahasnya. Cekidot !





1. INHERITANCE

Apa yang dimaksud dengan inheritance ?


Seperti halnya dalam arti Pewarisan itu sendiri yang dimaksud dengan Inheritance adalah dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan.


Berikut contoh inheritance buah :          
         

Superclass : Buah
Subclass : Rasa Asam, Rasa Manis
Class : Buah Mangga, Buah Strawberry, Buah Jeruk, Buah Semangka, Buah Melon, Buah Apel


*Garis dan tanda panah mewakili alur dari turunannya.



2. FLOW CHART

       Flowchart atau diagram alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau pengambaran penyelesaian masalah. Diagram alit digunakan untuk menganalisa, mendesain, mendokumentasikan atau memanajemen sebuah proses atau program diberbagai bidang.
        Diagram alir digunakan untuk mendesain dan mendokumentasi proses atau program sederhana. Seperti jenis diagram lainnya, diagram ini membantu menggambarkan apa yang sedang terjadi dan dengan demikian membantu mengerti sebuah proses. Dan mungkin saja menentukan kekurangan fitur, atau bagian yang kurang jelas didalam sebuah proses.
Terdapat beberapa bentuk diagram alir, dan setiap bentuk memiliki urutan dan peranan masing-masing. Dua bentuk persegi yang paling umum digunakan dalam diagram alir, yaitu:
·         Langkah pemrosesan, yang sering disebut dengan tindakan, dan dinotasikan sebagai persegi panjang
·         Keputusan, biasanya dinotasikan sebagai belah ketupat.


Berikut contoh flow chart dari game yang saya buat :




3. STORYBOARD

     Game yang saya buat ini berjudul Mahasiswa Teladan yang selalu dipengaruhi teman kuliahnya.Dia selalu diajak untuk bolos kuliah, apabila dia menerima ajakannya maka game berakhir begitu juga sebaliknya jika dia menolak ajakan teman kuliahnya untuk bolos dia akan masuk ke stage selanjutnya dan akan dipengaruhi lagi sampai dia berhasil masuk kelas.



Digambar ini dijelaskan dia menolak ajakan untuk bolos




Nah… untuk gambar ini dia terpengaruh dan gamepun berakhir




Cukup sekian dulu artikel saya buat, mohon maaf bila masih banyak terdapat kekurangan. Terimakasih atas kunjungannya :)

No comments:

Post a Comment